Jumat, 30 Maret 2018

4 Hal ini sangat Penting Saat Magang

Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.



Tujuan


a. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian propesional,yaitu yang memiliki tingkat pengetahuuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

b. Memperkokoh Link dan Match sesuai kecocokan antara progra sekolah dengan tuntutan dunia kerja.

c. Menngkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja.


Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri.

Selain itu 4 hal ini sangat penting saat magang, apasaja itu?


  • Disiplin
Disiplin merupakan bentuk kepatuhan terhadap peraturan atau tugas-tugas yang seharusnya kita tangani. Kepatuhan dapat menggerakan roda perusahaan agar memperoleh pencapaian yang sempurna, seperti:

a. Tertib mengikuti instruksi yang di berikan
b. Mengerjakan tugas yang diberikan dengan tepat waktu
c. Datang ke tempat magang tepat waktu sesuai yang di tentukan perusahaan
d. Tidak melakukan kegiatan diluar jadwal yang di tentukan
e. Menjaga suasana tempat kerja selalu tentram

  • Kejujuran
Kejujuran adalah sifat yang melekat dalam diri seseorang dan merupakan hal penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu saat magang kita juga harus menerapkan sifat jujur, seperti:

a. Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
b. Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan sebenarnya
c. Mencantumkan sumber belajar dari yang di pelajari

  • Tanggung Jawab
Bertanggung jawab adalah suatu bentuk sikap dan prilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya baik terhadap diri sendiri dan lingkungan.

a. Berperan aktif dalam pekerjaan.
b. Mengerjakan tugas sesuai yang di instruksikan

  • Sopan Santun
Sopan santun adalah pengetahuan yang berkaitan dengan penghormatan melalui sikap, perbuatan atau tingkah laku, budi pekerti yang baik, sesuai dengan tata krama, peradaban, kesusilaan, seperti:

a. Berinteraksi dengan teman secara ramah
b. Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain
c. Berlaku baik
d. Menggunakan bahasa tubuh yang sopan


Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat Magang. Karna jika sikap kita baik selama berada di tempat magang, kita akan di nilai baik oleh orang lain dan juga mendapat nilai yang baik. Tidak hanya saat magang, tetapi sikap itu harus dilakukan di mana saja. Baca juga Pengalaman Magang di Beta Bisnis.

1 komentar:

4 Hal ini sangat Penting Saat Magang

Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia...