Kamis, 29 Maret 2018

Magang Belajar SEO dan Cara membuat Blog untuk pemula

Membuat blog sebenarnya tidaklah sulit, karna sekarang sudah banyak situs blog yang dapat digunakan tanpa harus paham dengan bahasa pemrograman. Salah satunya adalah Blogspot, cara membuatnya dan menggunakannya juga mudah. Berikut cara membuat blog pada Blogspot:

  • Untuk membuat blog kita harus memiliki E-mail terlebih dahulu.
  • Jika sudah punya Email, buka www.blogger.com di Google, kemudian akan muncul halaman login.
  • Setelah login kita disuruh memilih untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google+ atau menggunakan profil Blogspot.
  • Jika sudah, langsung klik “Lanjutkan ke Blogger”
  • Setelah itu akan tampil halaman membuat blog di Blogspot. Untuk memulai membuat blog, klik tombol “Blog Baru”
  • Akan muncul halaman baru untuk memulai dengan menambahkan judul blog dan memilih nama domain.
  • Jika nama domain tersedia, maka tinggal klik “Buat Blog”
  • Blog kamu sudah jadi, kamu tinggal mengisinya dengan berbagai artikel yang kamu inginkan.
  • Kamu juga bisa memilih tema serta menambahkan Widget di blog kamu.

Lalu, apakah kamu ingin website atau Bisnis Online Kamu dikunjungi banyak orang dalam jangka waktu panjang?
Jika iya, maka kamu harus Belajar SEO untuk Pemula!

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan suatu teknik untuk mengoptimasi dan memaksimalkan website agar ranking dan pengunjungnya meningkat, serta berada di halaman 1 pada Search Engine Google.

Ada 6 Proses dalam SEO yaitu :
  1. Research Keyword (Riset Keyword)
  2. Content Writing (Menulist Kontent)
  3. Website Optimization (Optimasi Website)
  4. SEO Submission
  5. Link Building (Membangun Link)
  6. Image & Video Optimization (Optmasi Gambar dan Video)

  • Research Keyword (Riset Kata Kunci)
Riset kata kunci bisa dilakukan menggunakan Google, Google Trends, dan Gogle Keyword Planner. Jika sudah memiliki Website, maka Anda harus melakukan riset kata kunci yang tepat untuk meningkatkan ranking website anda ke halaman petama atau urutan pertama pada mesin pencari.

Riset menggunakan Google Trends sangat mudah, buka saja Google Trends. Setelah itu ketik ide bisnis mu di kolom pencarian Google Trends. Nanti akan muncul kata kunci apa saja yang paling sering dicari orang, kota mana saja yang paling banyak mencari dengan kata kunci tersebut serta grafiknya.

Riset menggunakan Google.co.id lebih gampang untuk dilakukan, karena dengan mengetik 1 kata saja maka akan muncul beberapa Google Keyword Suggestion. Contoh : ketika kita mengetik kata "Jual" maka akan muncul beberapa kata kunci yang di sarankan.






  • Content Writing (Menulist Kontent)

  • Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat dengan Website mu, lanjutkan dengan membuat deskripsi/konten untuk website kamu. Menulis kontennya pun harus menarik dan tidak membosankan ya! Beberapa orang berpendapat bahwa menulis konten itu harus 500-700 karakter, lebih baik lagi jika 1000 karakter.






    • Website Optimization (Optimasi Website)


    • Setelah menuliskan deskripsi/konten, kamu lanjutkan dengan mengoptimasi website mu. SEO bisa dilakukan dengan dua cara yaitu On Page dan Off Page.

      On Page :
      Page adalah proses SEO yang dilakukan hanya di bagian internal situs web saja. Jadi, dalam proses On Page, kita benar-benar memaksimalkan proses SEO hanya di bagian dalam situs web saja tanpa melibatkan pihak luar.

      SEO On Page sendiri sebenarnya terdiri dari banyak bagian, yakni:

      • Title 
      Title merupakan judul dari Blog/website yang kamu buat, kamu bisa memilih kata kunci yang tepat untuk dijdikan judul agar website mudah untuk di cari orang.
      • Deskripsi blog
      Deskripsi Blog merupakan penjelasan singkat tentang website kamu, letaknya di bawah Title. Kamu bisa meletakkan beberapa kata kunci, atau penjeasan tentang website mu secara singkat.
      • URL
      URL bisa di sebut juga dengan 
      • Gambar
      • Artikel
      • Internal Link

      Kata kunci yang telah di riset tadi bisa diletakkan di Bagian di atas, misalnya pada judul, gambar, dan artikel.


      Off Page:

      Caranya dengan mendaftar di beberapa Dummy Blog dan memposting beberapa artikel di sana. Hubungkan dari satu artikel ke artikel lain di dalam blog yang sama dengan cara menyisipkan link (Internal linking). Jangan lupa untuk menghubungkan ke Website utama mu, cara ini dapat membantu menaikan ranking website kita.

      Contoh Dummy Blog :

      -Wordpress
      -Weebly
      -Blogspot
      -Quora
      -dll

      • SEO Submission
      SEO submission juga perlu dilakukan agar website mu bisa naik ke halaman pertama, yaitu dengan cara :

      - Ping Service
      - Add URL Submissions
      - RSS/Feed

      Cara tersebut mempunyai cara kerja yang hampir sama, dan mempunyai tujuan yang sama yaitu agar website kita cepat di indeks oleh mesin pencari.

      • Link Building (Membangun Link)
      Link Building merupakan penanaman link di berbagai situs lain yang mengarahkan url tersebut ke website kita dengan berbagai keyword. Contoh nya seperti Blog Comment, caranya kita berkomentar di blog orang lain lalu menyisipkan URL website kita di komentar tersebut. Blog comment ini seperti meninggalkan jejak di blog yang kita kunjungi. Tapi harus sesuai aturan dan jangan berlebihan, karna akan dianggap sebagai spam.

      • Image & Video Optimization (Optmasi Gambar dan Video)
      Agar website kita lebih menarik dan tidak bosan untuk dibaca, kita perlu menyisipkan gambar di dalam artikelnya. Menyiapkan gambar dan mengeditnya agar lebih menarik, Canva.com adalah salah satu situs untuk mengedit gambar dengan mudah. Untuk mempelajari cara memnggunakannya, Klik Disini! Gambar harus diberi info contact dan nama file di sesuaikan kata kunci agar lebih gampang di cari.

      Untuk mebuat video dengan mudah, bisa menggunakan Movie Maker atau menggunakan Power Point. Dalam video juga harus ada sedikit keterangan, dan juga info contact.


      Itulah Cara mebuat blog untuk pemula dan beberapa Proses dalam SEO, semoga dapat bermanfaat!

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      4 Hal ini sangat Penting Saat Magang

      Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia...