Jumat, 16 Maret 2018

Pengalaman Magang SMK jurusan RPL di Betabisnis Pekanbaru

Nama           : Eza Fitriani
Kelas            : XI (Sebelas)
Jurusan        : RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Saat itu sebulan sebelum magang, para siswa diberi kesempatan untuk mencari tempat magang yang diingikan. Beberapa sudah mendapatkan dan ada juga yang belum termasuk saya, kemudian sekolah merekomendasikan tempat magang untuk siswa yang belum mendapatkan tempat.


Kebetulan, saya dan 2 teman saya diletakkan magang di STM*K Ha*gtuah. Kami mulai mencari tau bagaimana pengalaman kakak kelas yang sebelumnya magang di tempat tersebut. Ternyata berdasarkan pengalaman mereka, magang di sana hanya duduk-duduk dan memfoto copy berkas saja. Jadi kami pikir apa ilmu yang di dapatkan dari magang ditempat itu? Sedangkan kami jurusan RPL yang seharusnya mempelajari tentang komputer terutama software.

Kemudian salah satu dari kami searching di Google Tempat Magang SMK Jurusan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) di Pekanbarukebanyakan tempatnya ada diluar kota. Tapi ada yang di Pekanbaru, namanya Beta Bisnis dan waktu dilihat ternyata kakak kelas saya sebelumnya ada magang di tempat itu. Kami langsung mencari informasi tentang pengalamannya. Kami pun tertarik untuk magang disana, dan ada pelajaran yang nyambung dengan pelajaran kami di sekolah. Jadi kami menghubungi Email yang tercantum di website tersebut.

Kami menghubungi guru pembimbing dan dibuatlah surat pengantar untuk kami magang di Beta Bisnis. Akhirnya kami diterima dan magang di tempat ini.


Hal yang ingin saya pelajari selama magang sebenarnya adalah mengerti tentang pembuatan Website dan juga ingin memahami tentang Basis Data(Data Base). Memang sebelumnya sudah di pelajari di sekolah, namun belum terlalu mengerti.

Setelah magang di Beta Bisnis, banyak ilmu dan manfaat yang saya dapatkan seperti :

•Mengetahui cara memasang iklan baris

•Mengetahui cara membuat artikel/memposting di beberapa blog

•Dapat mempelajari tentang bisnis online

•Mempelajari tentang SEO

•Mengetahui bagaimana cara mendesain dan membuat Website

•Mengetahui beberapa kode HTML yang belum banyak diketahui orang

•Mengetahui bagaimana cara mengindeks website kita apakah sudah muncul di mesin pencari/belum

•Mengetahui apa itu Blog Comment(meninggalkan link website pada blog lain)

•Mengetahui bagaimana membuat Channel dan memposting video di YouTube

•Mempelajari mendesain brosur dan foto dengan mudah di situs Canva

•Mempelajari agar Website dapat muncul di halaman 1 mesin pencari atau uruttan paling atas.

•Mengetahui cara membeli Domain dan Hosting

•Mengetahui apa itu Backlink,RSS Feed, Ping Service, Add URL Submission dll

•Mampelajari cara mengoptimasikan Website menjadi media bisnis

•Memotivasi saya untuk berbisnis

•Memotivasi saya menjadi pribadi yang lebih baik, karna pembimbing juga memberikan nasehat-nasehat serta berbagi pengalaman.


Namun satu yang belum saya dapatkan sewaktu saya magang, yaitu tentang Basis Data(Data Base) jadi saya masih ragu dengan pelajaran Data Base ini.



Saran saya jika ada yang mencari tempat magang/PKL terutama jurusan RPL, Beta Bisnis bisa menjadi tempat magang yang menarik. Karena tidak hanya di ajarkan tentang membuat Web, tetapi juga di ajarkan bagaimana memulai bisnis, terutama bisnis online. Jadi ada pelajaran tambahan yang tidak kita pelajari disekolah, tapi dipelajari ditempat ini dan dapat menambah pengalaman juga. Sangat menguntungkan jika yang di pelajari dapat disaring dengan baik.

Sekian pengalaman Magang saya di BetaBisnis, Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mencari tempat magang jurusan RPL dan TKJ. TERIMAKASIH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Hal ini sangat Penting Saat Magang

Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia...